Fisika, Masihkah dibutuhkan?

Seorang teman bertanya di grup " Kenapa jarang bahkan hampir sangat jarang dibuka lowongan untuklulusan fisika? Apakah ilmu fisika tidak dibutuhkan?"

Beberapa minggu kemarin, salah seorang teman saya mengajak saya berdiskusi tentang ini karena seorang teman kami (yang lain) bertanya hal yang sama. Sebelumnya, dia pernah merekomendasikan buku "Menumbuhkan Jiwa Ilmu" pada saya. Sayangnya saya belum menemukan buku tersebut di gramedia. Dia kembali 'memaksa' saya menjawab apa-apa yang dia tanyakan (ikut berpikir kritis). Banyak sekali yang pertanyaan yang dia lontarkan, sehingga menghasilkan diskusi pendek. Dia selalu punya tema untuk dibicarakan dari -idealisme seorang akademisi, bagaimana seorang guru dan pendidik yang baik, apa yang salah dengan negara ini, kerjaan, sampai apa yang salah dengan fisika?- yang membuat saya lebih jeli, berpikir lebih dalam lagi dan introspeksi.

Saya sengaja meneruskan pertanyaan tersebut padanya dan jawabnya
"Muara dari beberapa bidang ilmu itulah yang seharusnya menjadi perhatian. Karena disitu kita bisa mengenal dunia, sekaligus mencoba memahami, untuk tujuan apa kita diciptakan. Bukankah ilmu itu akan menjadi useless kalo hanya terkurung dalam satu kotak saja?"

Kami lulusan Fisika, yang mana saat ini kami memang lagi sibuk dengan pekerjaan atau sedang mencari kerja. Jika membaca lowongan pekerjaan di perusahaan, terkadang (sering kali) kami sakit hati bahwa mereka tidak menuliskan lulusan Fisika sebagai syarat. Dengan artian pekerjaan yang memang sebidang dengan apa yang telah kami pelajari. Tapi kami tak putus asa dan tidak menyesal, kami yakin, ilmu yang kami dapat pasti berguna. Aamiin. 
Tetep makan semangka biar semangaaaattt!!



PS. Kehadiranmu adalah salah satu hujan yang aku nanti. Aku rindu teman untuk mengobrol banyak hal selain kerjaan di sini. Aku rindu teman untuk mengobrol impian  +  aksi untuk mewujudkan, ilmu yang uptodate, penelitian, agama, kesehatan, masa depan yang lebih baik (diri sendiri maupun lingkungan). Cukup seperti ini saja, Terimakasih telah hadir kembali!

Komentar

Postingan Populer