masa TPA itu

Hmm,, liat anak2 kecil memakai baju muslim, berpeci jadi ingat sewaktu TPA dulu. Sudah berapa tahun ya?? Mmm..13 tahun yang lalu. Huaahh lama ya.. dan saya sekarang kangen masa-maa itu.
Dulu memang sih kalau disuruh untuk mengaji agak males. Bagaimana tidak coba, setelah naik ketingkat yang lebih tinggi, teman-teman saya sudah banyak yang berhenti. Karena murid semakin sedikit, jadi pelajaran di TPA banyak yang tidak sesuai jadwal. Jadwal berubah hanya mengaji Quran, meski kadang diisi dengan ilmu tajwid dan mencongak.
Saya suka sekali ilmu tajwid hanya saja saya males untuk menghafalkan dalilnya. Fiqih, shorof, bahasa arab, ah asik pokoknya. Bahaa arab oleh bu zidni, anak perembuan dari pak kyai di pondokan aku TPA, lom lagi dengan pak ahmadi. Hmm,, beliau mengajarkan ilmu Quran asik banget pokoknya. saya suka sekali pas jadwal beliau mnegajar. eh, Ada baca kitab juga lho.. itu yang dibawahnya ada tulisan miring2 pake bahasa jawa. hmm :). jadi inget jamannya mbakku dulu. Sampe kitab kuning pula. sedangkan saya, tidak :(
Ah, berlepas dari TPA saat menjelang kelas 6 SD. Sudah tak ada lagi teman. :(
Mereka sudah asik dengan lesnya. Hmm
Saat SMP, bertemu kembali dengan guru TPA saya. beliau sedang mengajar TPQ di hari jumat. Program dari sekolah saya.
Ahh, itu semua sekarang bagai kenangan. saya rindu masa-masa itu. Ilmu di TPA saat itu sangat berati bagi saya saat ini. Ah, ternyata banyak sekali yng saya tak tahu. Ingin banget ngaji di sini, tapi rasa.. Ah, bukan itu. seharusnya "semangat itu harus lebih besar dari niat dan kemampuan itu sendiri. karena semangat bisa mengundang keberuntungan" (tulisan dari timeline-nya mbak innah).
Ayolah, harus seimbang ilmu agama dan umumnya, biar bisa menjadi manusia di bumi lebih bijaksana. ^^
Semangat. Bismillah..

Komentar

Postingan Populer