Organisme yang bermunculan

Beberapa minggu yang lalu saya berkutat di lab mikrobiologi untuk penelitian saya. Meski saya sebenarnya kurang yakin untuk melakukannya. Saya sedang mengamati bioplastik saya untuk pengujian degradasi. Lebih tepatnya ketahanan terhadap mikroba. Di sini saya tidak melakukan terhadap mikroba jenis tertentu. Karena bioplastik saya nanti ingin menjadi plastik yang ramah lingkungan. So, saya mengambil tanah kebun sebagai media. 
Kemarin sempat pula tanah kebun itu saya sterilisasi. Sterilisasi tanah sendiri ada dua metode, metode fisik maupun kimia. Nah yang saya gunakan adalah metode fisik dengan panas lembab menggunakan autoklave. Hmm,,, bekerja di lab mikro dengan orang biologi sangat berbeda dengan di lab jurusan saya. terkadang saya iri juga dengan mereka. heheh
Saya pernah baca sebuah jurnal sains ilmu tanah, bahwa meskipun tanah disterilkan namun itu tak membunuh 100% secara sempurna jamur maupun bakteri. Karena endospora yang ada memiliki kehidupan yang resisten. Bukan hanya dari jenisnya, namun juga kondisi umur dan pertumbuhan mempengaruhi ketahanannya (http://jurnal.fp.uns.ac.id/index.php/tanah/article/view/65/61).
Berikut merupakan foto dari organisme yang tumbuh pada tanah yang telah disterilisasi. Namun, maaf, saya tidak melakukan pengamatan lebih dalam mengenai organisme jenis apa. :D






Komentar

  1. Balasan
    1. meski udah disterilkan tanah itu tetep akan aja jamur atau yang lainnya, endospora yang ada bila lingkungannya sudah pas dengan hidupnya maka akan bertumbuh juga :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer