My Sister Wedding

Ini adalah acara ketiga terbesar di rumahku setelah pernikahan mbak dan aqiqahan keponakanku. Saya, tiga bersaudara. Alhamdulillah semuanya perempuan. Nah, karena itu, di rumahku ga aka nada acara besar kecuali pernikahan. Pernikahan mbak saya sekitar 9 tahun yang lalu ketika saya masih SMP. Kemudian beliau dikaruniai satu anak laki. Aqiqahan  anak Mbak saya itu menjadi acara kedua terbesar di rumah kami. Saya masih ingat kesibukan di rumah saat itu, walaupun pas acara aqiqahan saya malah tertidur. -___- capek!

Acara kali ini adalah pernikahan lagi. Eits, tunggu dulu. Bukan saya yang menikah, melainkan adek saya. What?! Iya. ADEK saya. Ga ada yang salah kan?! 

Awalnya acara ini akan dilaksanakan pertengahan tahun depan, selagi menunggu saya. Tapi apa daya, karena Lelaki Hujan saya masih berkelana, akhirnya acara pernikahan ini dimajukan bulan November kemarin. Tepatnya tanggal 28 November 2014.

Acara pernikahan kali ini berbeda banget dengan pernikahan mbak saya. Dulu saat pernikahan mbak saya, hanya beberapa tetangga saja yang diberitahu dan dimintai tolong untuk membantu (rewang). Bahkan kalian tak kan percaya bahwa tetangga depan rumah kami pun tak tahu bahwa Bapak saya punya gawe, gimana tetangga beda 3 -10 rumah? Hahaha. Bukan berniat untuk menutupi, hanya saja bagi kami ada alasan-alasan tertentu. Sampai hari H pun, tetangga saya hanya menduga-duga, sampai pada sore hari sekitar pukul 2 sore undangan tasyakuran serta acara ijab-qobul pernikahan mbak saya disebar. Baru deh mereka tahu, bahwa Bapak saya punya gawe. Hahaha. Dan bagi saya acara ini ga seribet kebanyakan di desa-desa. Secara pembuatan kue ga dilakukan di rumah mbah, dan di rumah saya hanya memasak makanannya.

Acara pernikahan adek saya kemarin, tetangga rumah sudah banyak yang tahu bahwa Bapak saya akan punya gawe lagi. Bahkan 1 RW sudah tahu sebulan sebelumnya. Hmmm.. Sudah kebayang deh persiapannya kudu semakin banyak. Belum lagi jeda waktu antara kesepakatan dengan acara ini hanya 3 bulan. Huuaah. Jadi Ibu, Bapak, mbak dan adek saya sibuk mempersiapkannya. Sedangkan saya hanya membantu ketika saya di rumah saja. Secara saya hanya pulang ke rumah seminggu sekali.

Untuk persiapan awal, mbak saya sudah mengelist alat-alat dapur yang ada di gudang dan apa yang kurang. Adek saya sibuk dengan seserahan, secara yang belanja seserahan untuk calon pengantin perempuan, dia sendiri yang belanja. Hahaha. (seriusan masnya adekku menyerahkan semua ke adek saya) Dari alat mandi adekku, make up, baju, sandal, bahkan mahar nya pula. Dan ini juga berimbas ke saya, karna saya dilangkahi, jadi saya juga harus belanja keperluan seserahan untuk saya. Belum lagi menghias seserahan ini. Awalnya saya serahkan ke mbak saya-yang dulu katanya mau belajar menghias seserahan bahkan saya sudah belikan buku untuknya, tapi tetap saja ujung-ujungnya saya yang menghias tiap minggunya. Jadi setiap kali saya pulang ke rumah, saya bakal mengotak atik itu bakal seserahan dan harus sudah beres sebelum saya ke Jekardah bulan lalu. Fiyuuhh! Okelah. Saya menganggap ini sebagai mainan awal saya, jadi kalo hasilnya biasah aja, harap maklum ya.. (ga kreatif banget deh >.<)
tetangga saya yang baik banget mau bantuin di acara kami
pisang-bahan kue

Sepulang dari Jekardah, saya sudah ditelp orang rumah. “Kapan pulang? Kapan cutinya? Pokoknya kudu ada di rumah bantuin mbak buat kue!” Ow.ow saya sudah dipesan dari awal untuk bantuin mbak saya buat kue. Iya sih enak ada mbak sendiri yang bisa buat kue, tapi ribeeettt banget. Rumah ini dari depan-toko sampai belakang-kolam pada banyak barang dan orang. Rame. Ribet. Kotor. Seru juga sih! Hahaha. Seneng. Capek. Ga nyangka juga adek yang selalu ngelibet ke aku, selalu kembaran baju sama aku (seriusan dari kecil sampe sekarang), manja ke aku-tapi aku ga suka, sering aku marahi, yang selalu baiiiiiikkk banget sama aku sekarang udah akan nikah aja. Bahkan didetik-detik terakhir sebelum sah- saya sempat bertanya,”Yakin, In?!” “Ga boleh menyesal kemudian hari bahwasanya kamu nikah muda. Ga pernah ada yang salah dengan nikah muda.” Aku ikut senang dengan pernikahan ini. Kan baik ya seseorang yang menjalin hubungan dan mereka mutuskan untuk lebih serius lagi- menghalalkan hubungan mereka. Tak ada yang lebih indah bukan dari sebuah pernikahan?! Jujur saja saat itu dan sampai sekarang saya masih iri. Aaaakkk -__- :D
terharu banget saat Bapak menyerahkan anak gadisnya ke orang lain. Love you Bapak... 
saat ijab-qabul di KUA
mahar pernikahan ini - hasil kreasi saya *biasah banget kan.. huhuhu *

Malam hari, saat tasyakuran dengan tetangga di rumah pas hujan lebat banget. Jadi sayang Ga semua undangan datang. Tapi kami semua bersyukur banget acara pernikahan ini berjalan lancar dan berterimakasih sama semua saudara dan tetangga yang sudah membantu. Ternyata acara ini masih berlanjut esok harinya. Kami harus membuat kue untuk seserahan ke rumah pengantin laki. Untung saja mbak saya pintar buat kue, jadi dia eksplor kemampuannya yang belum seberapa untuk membuat kue tart. Dan lumayan cantik hasilnya *sayang ga ada potonya. Hehe.

Untuk kedua adek saya *sekarang udah punya dua adek* semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah warohmah. Love you adekku…
saat akan ke rumah pengantin laki
Teruntuk adekku,

mungkin bagimu aku adalah kakak yang sangat cerewet
kakak yang ga pernah mau ngalah sama adeknya
kakak yang egois, suka marah
tapi aku tahu satu hal
saudara yang selalu akan mendukungku
yang akan selalu memperhatikanku
yang selalu setia menungguku
yang selalu menyayangiku
yang selalu rela menungguku pulang kemudian membagi makanannya dengaku
yang selalu mengerti dan paham kebiasaanku
aku tak pernah alpa menyebutmu dalam doaku, untuk kebaikanmu
untuk sosok yang akan selalu menyayangimu, mengenalkan padamu lebih dekat lagi denganNya, 
yang akan menjadi imam terbaikmu, 
yang akan selalu menghormati dan mencintaimu sebagai satu-satunya wanita di hidupnnya.
dia-seseorang yang sekarang menjadi imammu, 
semoga dia adalah yang terbaik dariNya untukmu.

semoga keluargamu selalu dirahmati Allah, sayang
berlimpah cinta dan kasih sayang juga rezeki
kamu, akan tetap menjadi adekku yang selalu ingin kembaran denganku….

I miss you, I love you… J
bagiku, kamu tetaplah adek kecilku yang selalu ku banggakan :*

Komentar

Postingan Populer