menuju kebaikan

Setelah sholat Subuh, di kontrakanku ada kultum. Kultum kami dari buku-buku dan dibacakan oleh salah satu dari jamaah subuh dan yang lain mendengarkan. Beberapa hari lalu, kultum dari buku Riadus Sholihin I oleh H. Salim Bahreisj penerbit Al’maarif bandung 1986, ada bab yang ingin ku bagi. Semoga bisa menjadi ilmu yang barokah ++ bila di praktikan. :)

Kali ini pasal mengenai menerangkan berbagai macam jalan menuju kebaikan. Firman Allah dalam surat Al-Baqarah 197 "Dan semua yang kamu kerjakan dari kebaikan, maka Allah mengetahuinya." 

"Siapa yang melakukan amal kebaikan seberat zarrah, tenru akan malihatnya". QS. Az-zilzal :7
Allah menyuruh kita untuk selalu berbuat baik. Dalam hadits riwayat Muslim.
Abu dzar r.a berkata : Ya Rosulullah, amal perbuatan apakah yang utama? Jawab Nabi. Iman kepada Allah dan berjuang untuk menegakkan agama Allah.

karena perbuatan yang tidak berdasarkan iman akan sia-sia maka amal yang utama adalah iman, sehingga semua amal itu bersendikan iman, dan kedua ialah berjihad berjuang benar2 untuk menegakkan agama Allah. Kemudian membantu meringankan beban orang lain, kalau sudah sunyi dari kebaikan sama sekali, maka harus menahan diri dari kejahatan.

Dan dalam badan manusia ada 360 ruas (persendian) yang kesemuanya itu harus disyukuri nikmat Allah yang demikian luas dan banyak, tetapi agama menganggap semua penggunaan dari persendidan itu untuk kebaikan sebagai sedekah.

Hadist lain menyebutkan:
Abu dzar r.a berkata. Ada beberapa orang berkata, Ya rosulullah orang-orang kaya telah memborong semua pahala, mereka sembahyang sebagaimana kami, dan puasa sebagaimana kami, di samping itu mereka masih dapat bersedekah dengan kelebihan harta mereka. Jawab nabi, tidakkkah Allah telah memberimu kesempatan untuk bersedekah, sesungguhnya tiap bacaan tasbih itu sedekah, tiap takbir itu sedekah, dan tiap tahmid itu sedekah, dan tahlil itu sedekah, dan menganjurkan kebaikan itu sedekah, mencegah yang munkar itu sedekah bahkan dalam persetubuhan itu sedekah. (Muslim)

Jadi untuk mendapatkan pahala dari Allah itu mudah ya. Sedekah itu tak melulu dengan uang. Takbir, tasbih, tahmid, tahlil dan bacaan Quran itu semua adalah sedekah. Berbuat baik, mengingatkan teman makan pake tangan kanan, berdoa dulu, sholat dulu itu juga sedekah. Allah begitu memudahkan kita untuk mendapatkan pahala dan ridhoNya.
Semoga kita bisa menerapkan dalam diri kita.
Heeiiii kawand, jangan berputus asa. Nikmat Allah begitu banyak, dan rahmatNya terhampar di seluruh jagat raya.. Ingatlah Allah pemberi yang terbaik. ^^

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer