Kenali Secara Detail

Selalu, kuliah hari Senin dan Kamis tak bisa terlewatkan begitu saja. Meski kadang bosan dan ingin membolos, tapi tetep ga bisa. Tugas yang terkadang sederhana tapi perlu pemikiran yang out of the box. Selalu membuat ingin menyerah, tapi ketika dibahas bersama "kok ga kepikiran ya.." hahaha. :D

Kuliah Teknologi Material dengan Pak Djoko ini selalu berhasil membuatku tak rugi. Selain mengajarkan ilmu pengetahuan, beliau selalu mengajarkan ilmu sosial dan budaya. Tentang properties, sifat dan karakter dalam bahan bahkan diri manusia. Juga mengenai pendidikan karakter di sekolah umum di luar negeri.  hmmhh :)

Pernah suatu ketika kita membicarakan mengenai konsep dalam process design. Kita tidak melulu membicarakan dari science-teknologi-produksi-marketing, tapi juga sistem manajemen manusianya. Hmmhh, banyak pengetahuan deh pokoknya. So, sebelum kita merancang-mendesign, kita haruslah tahu dan memahami konsepnya terlebih dahulu. 

Kuliah terakhir kemarin menyinggung masalah pengembangan teknologi material. Kami harus mengambil salah satu contoh dari teknologi material dan menganalisa invention-nya sebelum design dan innovation. Saya mengambil subjek mengenai "Transparent Conducting Oxide". Apa itu?? Ini adalah teknologi yang semakin banyak diaplikasikan saat ini. Yupz, pada handphone Anda, touchscreen-nya itu. Teknologi ini mengatur bagaimana bahan logam bisa mimiliki sifat optik yang trasparan. Yang kita tahu selama ini kan bahan logam itu bersifat opaque ya, nah biar bisa menjadi transaparan itu makanya dia harus di atur bandgapnya. So, bahan ini menjadi bersifat semikonduktor. 
Waahh, untuk menganalisa ini saya harus membuka ide baru. Biasanya saya dapatkan bila ada teman yang diajak untuk berdiskusi. Hmm, kemarin ga ada teman diskusi. Tapi ide muncul setelah coretan-mind mapping kuliah kemarin saya teliti satu persatu pas the power of kepepet menyala. hoohh.. alhamdulillah dapat meski hanya sedikit. 
hmmhh, bicara mind mapping, beliaulah yang awalnya mengajari saya. Memang sih saya ga banyak mengaplikasikannya, dan juga ga bisa menuturkan dalam tulisan yang baik, ternyata... Dan ternyata saya kurang 1 rumus yaitu relasi. So, kalau membuat mind mapping jangan idenya aja yang dikeluarkan, tapi juga di hubungan satu dengan lainnya. 
hohooh thanks Pak. :)
Satu lagi, hasil pemikiran beliau. "The better technology for humanity and environment from the complexities of nature"

Komentar

  1. wah,, saya suka postingan menambah informasi ini ^^
    hm,, proyek skripsinya yunita tentang itu kah?
    keren eee,,, :)

    hm, kalimat terakhir gak da verb nya say..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan saii,, heheh
      makasih ya..

      mm,, itu saya ambil dari pintu bapaknya, ato salah tulis ya.. hehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer